MUSIC MAKE COLORFUL WORLD

Senin, 05 Desember 2011
Siapa sih yang belom pernah dengerin musk ??? Pasti semuanya udah pernah denger dong.
Nah disini gua mau ngebahas "apa sih musik itu ?" dan "apa saja genre/ aliran musik ?".

Musik itu adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:
  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik
Musik itu dapat merubah mood seseorang yang sedang 'Galau' menjadi bahagia, yang sedang murung menjadi semangat lagi dsb.
sekarang sudah banyak acara-acara yang mengambil unsur musik baik di radio maupun di televisi, kita dapat mendengarkannya setiap saat baik sedang di jalan atau di rumah.
Nah sekarang gua mau ngebahas "Apa saja genre/aliran musik ?".

1. Blues
Blues adalah nama yang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Afrika-Amerika masyarakat di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dari spirituil , lagu kerja , hollers lapangan , teriakan, dan narasi sederhana berirama balad.
Contoh : Ray Charles

2. Rock
Genre Rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik. Ciri khas musik rock adalah adanya penggunaan gitar listrik.
Contoh : Green Day.

3. Jazz
Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band. Beberapa subgenre jazz adalah Dixieland, swing, bebop, hard bop, cool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz, dan CafJazz. Musik Jazz hanya dapat dinikmati oleh kalangan atas saja, tapi itu dulu sekarang musik Jazz dapat dinikmati oleh kalangan apa pun. Contoh : Kenneth Gorelick (Kenny G)

4. Death Metal
Death metal adalah sebuah sub-genre dari musik heavy metal yang berkembang dari thrash metal pada awal 1980-an. Beberapa ciri khasnya adalah lirik lagu yang bertemakan kekerasan atau kematian, ritme gitar rendah (downtuned rhythm guitars), perkusi yang cepat, dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan dengan gerutuan (death grunt) atau geraman maut (death growl). Teknik menyanyi seperti ini juga sering disebut "Cookie Monster vocals". Contoh : The Berzerker

5. J-Rock
J-Rock atau Japanese rock (日本のロック nihon no rokku?, rock Jepang) digunakan untuk menyebut genre musik rock yang ada di Jepang. Aliran musik J-Rock menjadi populer di Indonesia berkat kepopuleran penayangan anime di televisi dengan lagu tema (soundtrack) yang dibawakan penyanyi dan kelompok musik Jepang.  Contoh : L'Arc~en~Ciel

6. R&B
R&B adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, yang pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Pada tahun 1948, perusahaan rekaman RCA Victor memasarkan musik kaum kulit hitam yang disebut Blues and Rhythm. Contoh :  Justin Timberlake 

7. Reggae
Reggae merupakan irama musik yang berkembang di Jamaika. Reggae mungkin jadi bekas di perasaan lebar ke menunjuk ke sebagian terbesar musik Jamaika, termasuk Ska, rocksteady, dub, dancehall, dan ragga. Barangkali istilah pula berada dalam membeda-bedakan gaya teliti begitu berasal dari  akhir 1960-an.
Contoh : Bob Marley.
8. Dangdut
Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik yang berkembang di Indonesia. Bentuk musik ini berakar dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.Contoh : Rhoma Irama.

9. Trash Metal
Thrash metal adalah sebuah extreme metal subgenre dari heavy metal yang berciri memiliki tempo yang cepat dan agresiv. Lagu-lagu thrash metal biasanya menggunakan stem gitar nada rendah dan perkusi yang cepat. Lirik-lirik thrash metal sering mengangkat tema masalah-masalah sosial menggunakan bahasa yang kasar dan mendalam, sebuah pendekatan yang sebagian mirip dengan genre hardcore. Band "Empat Besar" atau "Big Four" thrash metal adalah Anthrax, Megadeth, Metallica, dan Slayer, yang secara bersama-sama dan mempopulerkan genre ini diawal tahun 1980-an. Ada pula yang mengatakan bukan lagi "Empat Besar" tetapi menjadi "Lima Besar" Megadeth, Slayer, Exodus, Pantera, and Metallica. Di Eropa style ini dibawa oleh tiga band asal Jerman, yaitu Kreator, Sodom, dan Destruction. Testament dan Exodus dari San Fransisco, Overkill dari New Jersey dan Sepultura dari Brazil. Contoh : Megadeth 

Nah ini dia Genre musik yang sedang di ganrungi oleh para remaja-remaja di indonesia bahkan di dunia.

10. K-POP
K-pop, kepanjangannya Korean Pop ("Musik Pop Korea"), adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara. Contoh : SNSD, 2PM, 2AM.

Terkadang gua suka kesal sebagai orang yang menikmati musik, kenapa karena acara-acara musik ditelevisi tidak PERNAH menayangkan musik asli indonesia yaitu KERONCONG, malahan yang selalu ditampilkan adalah Boy-band dan Girl-band yang beraliran korea, memang aliran K-POP memiliki gerakan yang energic, tapi mereka (TV) tidak mau menampilkan musik asli indonesia itu, ngakunya 100% CINTA INDONESIA tapi cuma hanya cinta batik saja, bukan terhadap musik asli dari indonesia, kalau musik KERONCONG sudah di klaim oleh negara lain baru mereka mau menampilkan musik asli indonesia itu. Memang orang indonesia itu rata-rata seperti ROBOT, di perintah dahulu baru jalan, semestinya tanpa di suruh pun mereka harus melakukan apa yang dilakukan untuk mempertahankan dan melestarikan semua kebudayaan, musik, makanan, bahasa dll yang dimiliki oleh indonesia.
I LOVE INDONESIA

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.