Resensi Game : Tomb Raider 2013

Senin, 17 Juni 2013
Game : Tomb Raider 2013
Developer(s) : Crystal Dynamics
                     Eidos Montreal (multiplayer)
                     Nixxes Software BV (PC)
Publisher(s) : Square Enix
Director(s) : Noah Hughes (creative)
                        Cory Barlog
Designer(s):  Darrell Gallagher
Artist(s) :         Visual Works (CGI)
Writer(s) :   Rhianna Pratchett
Composer(s) : Jason Graves
Series : Tomb Raider
Engine : Modified Crystal Engine
Platform(s) Microsoft Windows, PlayStation 3, Xbox 360
Release date(s)  : WW 5 March 2013
                                JP 25 April 2013
Genre(s) : Action-adventure
Mode(s) : Single-player, multiplayer
Media/distribution : Optical disc, download

Cast :

Lara Croft(voice) - Camilla Luddington
Conrad Roth / Axis Scientist / Prisoner / Solarii(voice) - RobinAtkin Downes
Dr. James Whitman (voice) - Cooper Thornton
Mathias(voice) - Robert Craighead
Samantha Nishimura / Stephanie / Sun Queen (voice) - Arden Cho

Characters

Pemain mengambil peran Lara Croft, lulusan arkeologi muda dan ambisius yang teori tentang lokasi kerajaan hilang Yamatai telah meyakinkan Nishimura keluarga keturunan dari orang-orang Yamatai sendiri-untuk mendanai sebuah ekspedisi untuk mencari kerajaan . Ekspedisi ini dipimpin oleh Dr James Whitman, seorang arkeolog selebriti yang telah jatuh pada masa-masa sulit dan putus asa untuk menghindari kebangkrutan dan perceraian, dan disertai oleh Conrad Roth, seorang Royal Marine berbalik petualang dan teman dekat dari keluarga Croft yang menjabat sebagai mentor untuk Lara, Samantha "Sam" Nishimura, sahabat Lara dan wakil dari keluarga Nishimura yang film ekspedisi untuk film dokumenter, Joslyn Reyes, seorang mekanik skeptis dan temperamental dan ibu tunggal, Yunus Maiava, seorang nelayan megah dan tenang yang bersedia untuk percaya pada keberadaan paranormal dan esoteris, Angus "Grim" Grimaldi, yang kasar Glasweigan juru mudi endurance, dan Alex, sedikit konyol dan spesialis elektronik berkacamata.

Setting
Permainan diatur pada Yamatai, sebuah pulau di Segitiga Naga di lepas pantai Jepang. Pulau-dan kerajaan yang pernah ada di sana-terselubung dalam misteri, mengingat reputasi untuk badai menakutkan dan bangkai kapal yang sampah garis pantainya. Yamatai pernah diperintah oleh seorang ratu bernama Himiko, dikenal dengan gelar kehormatan nya "Sun Queen", yang menurut legenda diberkati dengan kekuatan perdukunan yang memungkinkan dia untuk mengendalikan cuaca. Sangat sedikit yang diketahui tentang sejarah Yamatai dalam kalinya sejak kematian Himiko, selain itu penghujatan pulau itu didirikan segera sesudahnya. Dalam menjelajahi pulau, pemain mungkin menemukan bukti bahwa di kalangan pedagang-lain-Portugis, Marinir Amerika Serikat dan proyek militer Jepang semua terdampar di Yamatai pada berbagai titik sepanjang sejarah.
Pada awal permainan, pulau ini dihuni secara eksklusif oleh Solarii Persaudaraan, sebuah kultus kekerasan penjahat, tentara bayaran dan kapal karam yang selamat. The Solarii Persaudaraan telah membentuk masyarakat sendiri berdasarkan penyembahan Himiko, lengkap dengan struktur sosial dan hukum, dengan tujuan dan niat yang dieksplorasi selama cerita mereka dengan tepat.

Story

Permainan dimulai dengan Lara berangkat pada ekspedisi pertama tentang Ketahanan kapal, dengan tujuan menemukan kerajaan yang hilang dari Yamatai. Dengan saran nya dan terhadap Whitman nasihat, usaha ekspedisi ke Segitiga Naga, timur Jepang. Kapal dipukul oleh badai kekerasan dan terbelah dua, meninggalkan korban terdampar di sebuah pulau terpencil. Lara dipisahkan dari yang lain ketika ia ditangkap oleh aneh, pria buas dan terjebak dalam rumah guanya. Dia berhasil melarikan diri saat penculiknya dibunuh sebagai gua runtuh di sekitar mereka. Sebagai Lara mencoba untuk menemukan korban lainnya, dia menemukan lebih banyak bukti bahwa pulau ini dihuni, lengkap dengan ukiran aneh, mayat, dan ritual pengorbanan hewan. Dia akhirnya menemukan temannya Sam dan seorang pria bernama Mathias, yang mengaku menjadi salah satu penumpang. Seperti Sam mengatakan Mathias legenda Himiko, Lara melewati keluar, ketika dia bangun, Mathias dan Sam tidak tampak.
Ketika Lara akhirnya reuni dengan para korban lainnya, ia dan Whitman memutuskan untuk putus dari partai utama dan mencari Roth, yang masih hilang, sementara sisanya kelompok (Reyes, Yunus, Alex dan Grim) berangkat untuk mencari Sam dan Mathias. Sebagai Lara dan Whitman mengeksplorasi, mereka menemukan bahwa penduduk pulau menyembah Himiko, yang menyatakan bahwa pulau ini, pada kenyataannya, Yamatai. Setelah menemukan sebuah kuil didirikan di nama Himiko, mereka ditangkap oleh penduduk pulau dan dibawa ke penyelesaian bersama dengan beberapa korban lain dari kecelakaan Ketahanan. Ketika korban mencoba melarikan diri, para penculik menghidupkan mereka, memburu mereka dan membunuh mereka. Lara dipisahkan dari Whitman dan mencoba untuk menyembunyikan, tetapi ditemukan oleh Vladimir, salah satu pemimpin dari penduduk. Vladimir menyerang Lara, tapi dia perkelahian kembali dan dipaksa untuk membunuhnya untuk menyelamatkan hidupnya sendiri. Dia bertempur melawan sisa penduduk saat ia mati-matian bekerja perjalanan ke gunung untuk bertemu dengan Roth. Akhirnya, ia menempatkan sebuah Roth terluka di sebuah desa ditinggalkan di dekatnya. Menggunakan peralatan Roth, Lara set off untuk relay komunikasi di bagian paling atas gunung, dengan harapan menghubungi dunia luar dan memanggil bantuan.
Setelah berhasil memanggil pesawat yang sedang mencari Ketahanan dan pengaturan api sinyal bagi mereka untuk mengikuti, saksi Lara badai ganas terwujud dari langit yang cerah dan menyerang pesawat turun, disertai oleh suara misterius berkata "Tidak ada yang daun" di Jepang. Merasa bertanggung jawab atas nasib pilot, Lara tak berdaya untuk menghentikan penduduk pulau dari membunuh mereka. Lara dihubungi oleh Alex dan Reyes, yang mengungkapkan bahwa Sam telah diculik oleh penduduk pulau, kultus kekerasan yang dikenal sebagai Solarii Brotherhood. Lara, yang paling dekat dengan posisi Sam, mencoba untuk menyelamatkan dia, tetapi digagalkan oleh Mathias, yang memerintahkan membunuhnya. Lara diselamatkan oleh intervensi aneh samurai-seperti makhluk-disebut oleh penduduk pulau sebagai 'Oni', setan dalam cerita rakyat Jepang-dan dibawa ke sebuah biara kuno di pegunungan. Melarikan diri lagi, Lara tersandung ke sebuah ruang ritual, di mana dia belajar bahwa "ritual api" digunakan untuk memilih penerus Sun Queen sebagai bagian dari upacara yang disebut "Kenaikan". Sebuah ketakutan Sam berhasil menghubungi Lara dan memberitahu dia bahwa Solarii berniat untuk menempatkan dia melalui ritual api, yang akan membakar dia sampai mati jika tidak berhasil. Lara membuat untuk Solarii benteng, dengan dukungan dari Roth, tapi saat dia mencoba untuk menyusup istana, Solarii yang mengancam untuk membunuh Grim kecuali dia menyerah. Grim upaya untuk mengalahkan mereka, tetapi dibunuh dalam proses. Hal ini memungkinkan Lara untuk menjelajah ke istana, di mana dia saksi Mathias menempatkan Sam melalui ritual api. Lara mengganggu ritual dengan mencoba menyelamatkan Sam, tapi dia dikuasai oleh Mathias dan anak buahnya. Ritual berlanjut, tapi Sam tidak dirugikan oleh api, yang dipadamkan oleh embusan angin besar, menandai dia sebagai penerus sah ke Sun Ratu tahta.
Lara sempit lolos penangkaran sekali lagi dan ganda kembali untuk membantu teman-temannya, yang mencoba untuk mencapai Sam telah mengakibatkan penangkapan mereka. Dibantu oleh Whitman-yang telah berhasil menegosiasikan beberapa derajat kebebasan dengan kembali Solarii-Lara ke istana untuk menyelamatkan Sam sebagai Roth commandeers helikopter untuk mendapatkan mereka keluar. Setelah menyaksikan badai yang memaksa pesawat pencari untuk kecelakaan, Lara mengirimkan Sam untuk melarikan diri dengan tanah dan mencoba untuk memaksa pilot untuk mendarat sebagai brews badai up kedua, mencolok helikopter dan memaksa mereka untuk kecelakaan. Lara hampir tewas dalam kecelakaan itu dan dihidupkan kembali oleh Roth. Namun, Mathias dan Solarii tiba, dan Roth dibunuh oleh tomahawk dimaksudkan untuk Lara. Sementara berkabung atas Roth, Lara menerima bahwa badai tidak alami, tetapi entah bagaimana terhubung ke Sun Queen dan dirancang untuk mencegah orang meninggalkan pulau itu. Dia bertemu dengan para korban lainnya, yang telah menghindar dari Solarii cukup lama untuk mengamankan perahu dan melarikan diri pulau, asalkan dapat diperbaiki. Mereka bergabung dengan Whitman, yang mengaku telah melarikan diri, meskipun Lara mulai curiga dia bekerja dengan sekte. Lara dan Alex kepala untuk bangkai Ketahanan untuk menyelamatkan peralatan yang diperlukan untuk Reyes untuk memperbaiki perahu. Mereka menemukan apa yang mereka butuhkan, tetapi mereka diserang oleh Solarii dan Alex terjebak di bawah reruntuhan. Alex memutuskan untuk memicu ledakan dan mengorbankan dirinya sehingga Lara dapat melarikan diri dengan alat-alat.
Menemukan account dari Perang Dunia II era ekspedisi militer Jepang untuk pulau yang mencari cara untuk memanfaatkan kekuatan badai sebagai senjata, Lara memutuskan untuk menjelajahi sebuah makam kuno di pantai, di mana dia menemukan sisa-sisa tinggi samurai peringkat yang melakukan seppuku. Hal ini terungkap, dalam pesan dia pergi, bahwa ia adalah jenderal Stormguard ratu, para Oni yang mempertahankan biara, dan bahwa pengganti Ratu mengambil hidupnya sendiri daripada menerima kuasa Matahari Ratu, meninggalkan Ratu Sun terjebak dalam tubuhnya setelah kematian, dan kemarahannya telah diwujudkan dalam bentuk badai. Lara menyadari bahwa Ascension bukanlah upacara untuk mahkota ratu baru, melainkan ritual yang mentransfer jiwa asli Sun Queen ke dalam tubuh yang baru, dan bahwa proses itu akan menghancurkan jiwa host. Semangat Himiko ingin melarikan diri tubuh saat ini, dan Mathias berencana untuk menawarkan Sam sebagai host baru. Lara kembali ke korban di pantai untuk menemukan bahwa Whitman telah mengkhianati mereka, menculik Sam dan menyerahkan dia ke Mathias.
Lara, Yunus dan Reyes mengejar, menuju ke hulu sungai ke biara, dengan Lara tiba tepat pada waktunya untuk melihat Whitman dibunuh oleh Oni tersebut. Setelah melawan perjalanan melalui penjaga Ratu, Lara tiba di puncak biara pada waktunya untuk melihat Mathias memulai ritual Ascension. Dia bekerja perjalanan ke Mathias, menghadapi Solarii dan penjaga sama. Lara membunuh Mathias ketika dia menembaknya dari atap vihara, membuatnya terjun ke jurang di bawah, sebelum menghancurkan sisa-sisa Himiko untuk menyelamatkan Sam. Dengan badai tersebar, Lara, Sam, Reyes dan Yunus meninggalkan pulau dan dijemput oleh sebuah kapal kargo. Saat ia dan teman-temannya berlayar pulang, Lara memutuskan bahwa ada banyak mitos dapat ditemukan dan memutuskan untuk mengungkap mereka, yang menyatakan bahwa dia tidak pulang dulu.


Kekurangan :
Terlalu  banyak adegan kekerasan, kata-kata yang di ucapkan oleh karakter juga agak kasar dan mungkin pakaian yang di pakai oleh Lara Croft sedikit seksi.

Kelebihan :
Dalam game ini kita di suguhi pemandangan yang sangat bagus dan kita juga bisa mempelajari beberapa sejarah dari jepang terutama “Queen Himiko The Sun Queen”.

Saran dan penilaian tentang game :
Bagi kalian yang belum memainkan game ini,  menurut saya wajib untuk dimainkan kenapa, karena dalam game ini Lara berusaha keluar dari pulau dan menyelamatkan teman-temannya dari para penjahat yang di pimpin mathias, kita bisa ambil sifat pemberani dan semangat dari Lara yang berusaha dengan mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan teman-temannya. Untuk penilian bila dalam rate saya memberi 9.0/10 untuk jalan cerita, dan kualitas grafiknya 9.5/10. Berikut ini adalah kutipan kata dari game Tomb Raider 2013 :
“A famous explorer once said, that the extraordinary is in what we do, not who we are. I'd finally set out to make my mark, to find adventure. But instead adventure found me. In our darkest moments, when life flashes before us, we find something. Something that keeps us going. Something that pushes us. When all seemed lost, I found a truth. And I knew what I must become.”





PICTURES :




1 komentar:

Unknown mengatakan...

Cara ngalahin si Mathias pas di kuil tu gimana ya gan, apa ada trik khusus....??

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.