Mengetahui dan memahami bagaimana cara Kerja Jaringan Wireles dan Macam-macam Perangkat Jaringan Komputer

Kamis, 14 November 2013
Cara untuk menghubungkan sebuah computer yang satu dengan yang lain, maka diperlukan adanya Jaringan Wireless. Menurut sebuah buku yang bersangkutan, supaya komputer-komputer yang berada dalam wilayah Jaringan Wireless bisa sukses dalam mengirim dan menerima data, dari dan ke sesamanya, maka ada tiga komponen dibutuhkan, yaitu:
1. Sinyal Radio (Radio Signal).
2. Format Data (Data Format).
3. Struktur Jaringan atau Network (Network Structure).
Masing-masing dari ketiga komponen ini berdiri sendiri-sendiri dalam cara kerja dan fungsinya. Kita mengenal adanya 7 Model Lapisan OSI (Open System Connection), yaitu:
1. Physical Layer (Lapisan Fisik)
2. Data-Link Layer (Lapisan Keterkaitan Data)
3. Network Layer (Lapisan Jaringan)
4. Transport Layer (Lapisan Transport)
5. Session Layer (Lapisan Sesi)
6. Presentation Layer (Lapisan Presentasi)
7. Application Layer (Lapisan Aplikasi)
Alat yang menghasilkan gelombang radio itu biasa dinamakan TRANSMITTER. Lalu alat yang digunakan untuk mendeteksi dan menangkap gelombang radio yang ada udara itu, biasa dinamakan RECEIVER. Agar kedua alat ini (transmitter dan receiver) lebih fokus saat mengirim, membuat pola gelombang, mengarahkan, meningkatkan, dan menangkap sinyal radio, ke dan dari udara, maka dibantulah dengan alat lain, yaitu ANTENA. Berkat persamaan dari Maxwell, transmitter, receiver, serta antena, yang kemudian disatukan dalam semua peralatan wireless LAN itulah, maka komputer bisa berkomunikasi, mengirim dan menerima data melalui gelombang radio, atau biasa disebut dengan wireless netwok.

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer
1.    Ethernet Card
Ethernet card atau Network Interface Card (NIC) atau LAN Card adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan jaringan luar. Pada Ethernet card terdapat beberapa jenis port, diantaranya port BNC (Barrel Nut Connector atau Bayonet Net Connector) dan RJ-45, namun untuk sekarang ini yang sering dipakai adalah port RJ-45.

Kartu Jaringan LAN (Lan Card)
Lan Card pada PC/Komputer yang kita gunakan sehari-hari ada yang Internal, dan ada juga yang Eksternal. Lan Card Internal sudah melekat pada motherboard, sedangkan Lan Card Eksternal ditambahkan pada slot ekspansi atau slot PCI. Khusus pada Laptop atau komputer jinjing lainnya biasanya yang tersedia hanya Lan Card Internal saja, karena laptop kebanyakan tidak memiliki slot PCI untuk memasang lan card eksternal.
Kartu Jaringan Lan (Lan Card) memiliki nama yang beragam sesuai dengan speed atau kecepatan transfer data, contohnya saja Ethernet Card (10/100 Mbps), Fast Ethernet Card (10/100/1000 Mbps) dll.

Kartu Jaringan Wireless (Wireless LAN Card)
Kebalikan dari LAN Card, Wireless LAN Card pada PC/Komputer biasanya berupa card eksternal, kartu jaringan wireless pada komputer ditambahkan belakangan. Meski saat ini ada beberapa komputer desktop yang sudah mempunyai card wireless internal namun kebanyakan kartu jaringan wireless tersebut masih dipasang di slot PCI yang tetap saja bisa kita bilang eksternal. Sedangkan pada Laptop atau komputer jinjing lainnya card wireless sudah include dari bawaan motherboard. Mau bilang Card wireless tersebut internal juga susah soalnya bisa di bongkar-pasang persis card wireless eksternal.
Kecepatan kartu jaringan wireless juga beragam, mulai dari 64Mbps, 284Mbps dll.


2.    Hub dan Switch
Hub dan Switch adalah perangkat Konsentrator yaitu perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel dari workstation, server, atau perangkat host lainnya. Biasanya konsentrator ini digunakan pada jaringan dengan topologi star. Sebagai konsentrator, switch mempunyai kemampuan lebih lebih dibanding Hub.
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.


3.    Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal yang melemah karena melewati media transmisi yang panjang cara kerja repeater ini dengan cara menerima sinyal dari satu segmen kabel kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekatan yang sama dengan sinyal aslinya, sehingga jarak transmisi atau kabel dapat diperpanjang.


4.    Bridge
Fungsi dari bridge hampir sama dengan repeater, tetapi bridge mampu menghubungkan antar jaringan yang menggunakan transmisi berbeda. Misalnya, jaringan ethernet baseband denagn ethernet broadband. Bridge dapat pula menghubungkan jaringan yang menggunakan tipe kabel berbeda ataupun topologi yang berbeda. Bridge dapat mengetahui alamat ip setiap komputer pada tiap-tiap jaringan.

5.    Router
Router merupakan perangkat khusus yang digunakan untuk menangani konektivitas antara dua jaringan atau lebih yang terhubung melalui paket switching.
 Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Cara kerja router dengan melihat alamat asal dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya kemudian router memutuskan rute yang akan dilewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan. Router mengetahui alamat masing-masing komputer dilingkungan jaringan lokalnya, mengetahui alamat bridge, dan router lainnya.


6.    Modem
Modem (Modulator Demodulator) dapat diartikan: Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.


Jenis-jenis modem berdasarkan kategorinya :
Berdasarkan letak pada Komputer (PC)
  1. Modem eksternal adalah Modem yang ditempatkan di luar perangkat utama komputer. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN, Wireless dan kabel USB, tergantung tipe modemnya. Contohnya Modem Speedy dari Telkom.
  1. Modem internal Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia pada mainboard komputer.Saat ini mode Internal sudah mulai di tinggalkan karena alasan kecepatan dan sebagainya. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.

Berdasarkan cara koneksi dengan ISP
1.  Modem wireline atau wired adalah Modem yang menggunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP (Internet Service Provider) Contohnya Speedy menggunakan kabel telepon.
2.  Modem wireless adalah Modem yang menggunakan media nirkabel (gelombang elektronik) untuk berkoneksi dengan ISP
Berdasarkan ISP yang digunakan 
  1. Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
  2. Modem DSL (Digital Subscriber Line)
  3. Modem CDMA (Code division multiple access)
  4. Modem GSM (Global System for Mobile Communication)
  5. Modem Dial Up


Kabel UTP
Kabel pasangan berpilin/berbelit (bahasa Inggris: twisted pair cable) adalah sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetikdari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables), danwicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.

Fungsi:
kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Very informative and worthy post. Thanks for the sharing such a precious updates with us.

Dell - Refurbished - 15" Latitude Notebook - 8 GB Memory - 80 GB Hard Drive

Dell - Refurbished - 14" Latitude Notebook - 8 GB Memory - 320 GB Hard Drive

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.